Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

RajaBackLink.com

Pantai Batuhiu, Tak Memilki Area Berenang namun Selalu Ramai Pengunjung

Pantai Batuhiu, Pangandaran - Destinasi wisata di Pangandaran memang tak akan pernah habis untuk dibahas, terutama tentang destinasi pantainya yang merupakan salah satu andalan pariwisata di Pangandaran, terdapat Pantai Pangandaran, Pantai Krapyak, Pantai Karang Nini, Pantai Batuhiu, Pantai Bojongsalawe, Pantai Batukaras, Pantai Madasari dan lain-lain. Cukup banyak bukan pantai yang ada di Pangandaran? Kita akan membahas salah satunya saja, untuk pantai yang lainnya mungkin bisa kita bahas di lain artikel. Pantai yang kita pilih untuk saat ini adalah Batuhiu, ada apa di Batuhiu ? Yuk langsung ke pembahasan!

Pantai Batuhiu

Pantai Batuhiu berjarak 15 km dari Pangandaran, sekitar 20 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Kalian cukup menuju ke arah Selatan saja hingga nantinya menemukan plang bertuliskan Pantai Batuhiu. Jika kalian tak membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir karena akan ada angkutan umum yang akan melewati Pantai Batuhiu. Cukup mudahkan akses menuju objek wisata ini? 

Tak seperti kebanyakan pantai lainnya, pantai Batuhiu ini tak memiliki area berenang, padahal dibeberapa pantai yang menjadi daya tarik utamanya adalah area berenangnya, tetapi hal itu tidak mengurangi pesona Pantai Batuhiu untuk menjadi tujuan destinasi wisata kalian. Terdapat bukit kecil yang harus kalian naiki untuk sampai pada destinasi wisata ini, pada gerbang utama kalian akan disambut oleh lorong yang menyerupai ikan hiu yang sedang membuka mulutnya dan menunjukan gigi-giginya yang tajam, gerbang ini seolah menggambarkan identitas Batuhiu.

Gerbang Menuju Bukit Batuhiu | admin tuankecilberwisata
Gerbang Menuju Bukit Batuhiu | admin tuankecilberwisata

Ketika kalian menaiki bukit tadi, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah yang menjadi senjata utama Pantai Batuhiu untuk menarik para wisatawan. Pemandangan yang diberikan berupa panorama lautan lepas Samudera Hindia dipadukan dengan deburan ombak dan birunya langit, sebuah pemandangan yang membuat diri kalian akan merasa rileks. Selain itu, terdapat batu yang menyerupai sirip ikan hiu yang dapat kita lihat dari atas bukit, menurut legenda batu ini lah yang menjadi alasan mengapa pantai ini dinamakan Pantai Batuhiu.

Bukit Batuhiu | Admin tuankecilberwisata
Bukit Batuhiu | Admin tuankecilberwisata

Batuhiu | Admin tuankecilberwisata
Batuhiu | Admin tuankecilberwisata

Kalian juga dapat berfoto dibukit Batuhiu ini, karena pemandangan yang disajikan tak kalah menarik dengan panorama lautan lepas Samudera Hindia yang telah kita bahas tadi. Beberapa orang mengatakan bukit Batuhiu ini dapat dikatakan “Tanah Lot”-nya Pangandaran karena tampilannya yang memang mirip, bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Pemandangan Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata
Pemandangan Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata

Harga Masuk Pantai Batuhiu

Tarif yang dipatok untuk memasuki objek wisata Pantai Batuhiu sangat murah dan terjangkau, namun tiket masuk dibedakan menjadi beberapa kategori dengan rincian sebagai berikut :

Pejalan Kaki : Rp. 6.000,-/orang

Sepeda Motor : Rp. 14.000,-

Mobil Jeep/Mobil Sedan : Rp. 37.500,-

Mini Bus Kecil : Rp. 65.000,-

Mini Bus Besar : Rp. 92.500,-

Bus Kecil : Rp. 126.000,-

Bus Sedang : Rp. 188.000,-

Bus Besar : Rp. 310.000,-

Cukup murah bukan? Namun harga yang tercantum diatas hanya sebagai gambaran saja karena harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Pantai Batuhiu

  • Area Parkir Luas

Meskpun terlihat sepele namun area parkir adalah salah satu hal yang dapat menambah kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung, karena jika objek wisata tersedia area parkir maka kita tak akan bingung untuk menyimpan kendaraan. Objek wisata Pantai Batuhiu ini menyediakan area parkir yang luas, tak hanya untuk kendaraan pribadi namun bus besar pun dapat masuk ke area parkir objek wisata ini.

Area Parkir Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata
Area Parkir Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata

  • Terdapat macam-macam dagangan

Tak lengkap rasanya jika di tempat wisata tidak terdapat area perdagangan, karena di area perdagangan lah biasanya kita menemukan hal unik saat berwisata, mulai dari cinderamata hingga makanan atau jajanan khasnya. Di Pantai Batuhiu ini kalian tak perlu khawatir, karena disepanjang pantainya terdapat beberapa pedangan mulai dari baju, cinderamata hingga jajanan. Kalian harus mencoba sensasi memakan karedok di pinggir pantai dengan ditemani minuman es kelapa muda.

Area Perdagangan Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata
Area Perdagangan Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata

  • WC Umum/Tempat Bilas

Pantai Batuhiu memang tidak menyediakan area berenang namun bagi wisatawan yang ingin bermain pasir dan air tetap diperbolehkan namun jangan terlalu jauh. Apabila saat bermain air baju kalian kotor ataupun basah karena terkena ombak, di Pantai Batuhiu ini terdapat tempat bilas yang bisa kalian gunakan.

  • Gazebo di Bukit

Di Bukit Batuhiu tak akan merasa panas karena banyak sekali pohon-pohon yang ribun sehingga sinar matahari tak langsung mengenai kulit, selain itu terdapat juga gazebo yang cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Gazebo Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata
Gazebo Pantai Batuhiu | Admin tuankecilberwisata

Itulah pesona dan daya tarik dari Pantai Batuhiu Pangandaran, jangan sampai terlewat untuk memasukan tempat ini ke daftar wisata kalian. Selamat Berwisata!

Post a Comment for "Pantai Batuhiu, Tak Memilki Area Berenang namun Selalu Ramai Pengunjung"

loading...